Nama Kelompok :
Bagaimana pandangan dan penilaian kelompok Andas ehubungan dengan
kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Psikologi
Pendidikan3 sks T.A2011/2012 harus memiliki email dan blogditinjau dari
uraian Psikologi Pendidikandan fenomena pendidikandi Indonesia,Medan
khususnya?
Pandangan kami terhadap kewajiban memiliki email dan blog adalah
kewajiban itu merupakan suatu hal yang positif dan tentunya sangat
bermanfaat.
Berikut ini adalah beberapa pandangan kami yang ditinjau dari segi
psikologi pendidikan dan fenomena pendidikan yang ada di Indonesia dan
di Medan khususnya.
¤ Ditinjau dari uraian Psikologi Pendidikan
1) Kewajiban tersebut sejalan dengan solusi di bidang pengajaran yang
dikemukakan oleh William James, yaitu dengan sengaja mengajar pada level
yang lebih tinggi dari yang seharusnya dengan tujuan untuk semakin
memperluas pengetahuan anak.
Nah, kewajiban membuat email dan blog ini merupakan hal yang berada pada
level yang lebih tinggi dimana yang lain masih berkutat pada kertas.
Mahasiswa yang belum pernah mengenal penggunaan blog akan mulai belajar
menghadapi hal yang baru ini, tentunya ini merupakan sebuah tantangan
yang cukup menarik dimana tantangan itu pastinya akan membuat mahasiswa
akan mencari tahu mengenai blog melalui internet ataupun bersosialisasi
dengan teman-teman yang lebih tahu sehingga dapat saling membagi ilmu.
2) Kewajiban itu juga sejalan dengan pandangan John Dewey yang
mengatakan bahwa anak/peserta didik harus diposisikan sebagai pembelajar
aktif.
Membuat email dan blog tentunya akan membuat mahasiswa menjadi lebih
aktif. Contohnya apabila mahasiswa belum mengerti proses pembuatan blog
tersebut, tentunya ia akan terdorong menjadi aktif bertanya ke
teman-temannya. Contoh lain seperti yang kita ketahui bahwa sering ada
mahasiswa yang malu untuk mengungkapkan pendapatnya secara langsung.
Nah, dengan adanya media tak langsung seperti blog ini, mahasiswa akan
lebih aktif menuangkan berbagai pendapat dan pandangannya.
Dengan begitu lama-kelamaan keaktifan tersebut diharapkan bisa menjadi kebiasaan.
3) Selain itu, kewajiban ini juga sejalan dengan pendapat E.L. Thorndike
yang mengatakan bahwa salah satu peran penting pendidikan sekolah
adalah menanamkan penalaran pada anak.
Dengan adanya blog, dalam pikiran mahasiswa akan tercipta sebuah nalar
bahwa ia harus mengisi blognya tersebut dengan berbagai hal yang
bermanfaat, baik berupa postingan tentang pendidikan maupun nilai-nilai
kehidupan. Berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan, bisa saja penalaran
mahasiswa akan meningkat. Misalnya ketika ia melihat sebuah peristiwa,
nalarnya akan bisa terpikir tentang hikmah yang bisa diambil dari
peristiwa itu dan kemudian mempostingnya di blog.
4) Selain sejalan dengan pandangan beberapa tokoh, kewajiban membuat
blog ini juga menunjukkan keberhasilan pengajar dalam mempraktekan salah
satu cara mengajar efektif, yaitu keahlian pengajar dalam memanfaatkan
teknologi'.
¤ Ditinjau dari Fenomena Pendidikan di Indonesia dan Medan khususnya :
1) Seperti yang kita ketahui bahwa dunia internet telah melekat erat
dalam dunia pendidikan di Medan ini. Hal ini ditunjukkan dengan semakin
banyaknya sekolah yang tergabung dalam jaringan school net.
Agar tidak tertinggal dibanding mereka, pembuatan email dan blog ini
merupakan suatu titik awal bagi mahasiswa dan kedepannya diharapkan
kemampuan mahasiswa dalam memanfaatkan internet sebagai media pendidikan
menjadi semakin maju.
2) Fenomena lain dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah keengganan
peserta didik untuk membaca bahan pelajarannya sebelum kelas dimulai.
Dengan adanya blog dan kewajiban memposting pandangannya tentang materi
yang akan dipelajari sebelum kelas dimulai, peserta didik pastinya akan
mempelajari bahan pelajarannya sebelum kelas dimulai.
¤ Ditinjau dari Segi Manfaat Lainnya :
1) Blog juga dapat menjadi media evaluasi diri bagi mahasiswa.
Postingan-postingan yang ada akan semakin mudah dilihat orang lain
sehingga juga dapat memungkinkan munculnya berbagai kritik terkait
dengan isi postingan yang berupa pandangan penulis.
Dengan begitu, proses evaluasi diri menjadi lebih mudah.
2) Blog juga memudahkan proses penyimpanan tugas, sehingga mahasiswa
tidak perlu takut tugasnya tercecer atau terselip. Dengan adanya blog,
tugas-tugas dapat dilihat dengan mudah pada saat diperlukan.
3) Penggunaan blog juga dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa.
Setiap mahasiswa tentunya ingin blognya tampil bagus dan bernilai, maka
ia akan berusaha mengembangkan kreatifitasnya dalam memperindah blognya.
4) Penggunaan blog juga dapat membantu mencegah global warming karena dapat mengurangi penggunaan kertas
Demikianlah hasil diskusi kami sehubungan dengan kewajiban membuat email dan blog dalam matat kuliah Psikologi Pendidikan.
Jika terdapat kesalahan kata, pandangan dan lainnya kami terbuka atas kritikan.
Akhir kata,
Semoga bermanfaat. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar