happy bear stories

Kamis, 11 April 2013

UTS 2012/2013


UTS 2012/2013
  •  Uraikan secara singkat dan padat proses pembelajaran yang kelompok anda RENCANAKAN. Beri ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi praktis  abad    21.
Jawab  : proses pembelajaran yang kelompok saya rencanakan adalah awalnya kami berencana untuk membuat sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan kartu bergambar, di mana langkah kerjanya adalah, awalnya kami menunjukkan sebuah gambar lalu kami menyuruh peserta didik untuk mencari benda asli dari gambar tersebut di sekitar lingkungan sekolah mereka, tetapi setelah kami melakukan survey lapangan, ternyata tempatnya tidak memadai untuk melakukan hal tersebut. Saya dan teman kelompok kemudian mengubah rencana kami, walaupun kami tetap menggunakan media kartu bergambar, tetapi kami menyesuaikannya dengan tema yang sedang diajarkan di sekolah TK tersebut. Sekolah TK yang kami observasi sudah menentukan tema pelajaran mereka setiap minggunya, tema yang diajarkan pada saat itu adalah tema “api”, kemudian saya dan teman kelompok mulai memikirkan hal-hal apa saja yang berkaitan dengan tema api, setelah mendapatkannya kami mulai menyusun hal-hal apa saja yang akan kami lakukan, kemudian kami memutuskan untuk mengajarkan kepada anak-anak TK tersebut mengenai bahasa asing dari gambar yang akan kami tunjukkan kepada mereka, dan kami juga akan mengajarkan cara membacanya dan cara mengeja huruf-huruf dalam tulisan yang ada di gambar tersebut.
Jika dikaitkan dengan pedagogi praktis abad 21 yaitu, di sekolah TK yang kami observasi para guru TK tersebut sudah membuat tema pelajaran untuk setiap minggunya untuk murid mereka. Sehingga guru mereka mengajari para anak TKnya secara sistematis berdasarkan tema mingguan, seperti pada saat kami mengobservasi, mereka sedang mempelajari tema api. Kemudian pada saat kami mengajari murid TK mengenai hal-hal yang berhubungan dengan api kami tidak hanya memberitahu mereka tentang apa-apa saja yang berhubungan dengan api secara abstrak, melainkan kami juga menunjukkan gambar yang berkaitan dengan yang kami ajarkan, kami juga menyertakan bahasa asing dari gambar yang kami tunjukkan kepada mereka. Ketika kami mengajarkan anak TK dengan menyebutkan kepada mereka hal-hal yang berhubungan dengan api (seperti lilin, pemadam kebakaran) dan bahasa asingnya, itu merupakan pedagogi formal atau teoritis, dan ketika kami menunjukkan gambar mengenai hal yang berkaitan dengan yang kami sebutkan, dan kami juga mengajarkan cara membaca gambar tersebut dalam bahasa asing dan cara mengejanya, itu merupakan pedagogi praktis, karena kami mengajarkan pada anak-anak bagaimana cara membaca yang tepat tentang bahasa asing dari gambar tersebut, seperti pemadam kebakaran, kemudian kami mengajak mereka mengejanya bersama-sama, sehingga semua anak yang ada dalam kelas menjadi aktif.
  • Uraikan secara singkat dan padat tentang HASIL OBSERVASI dari proses pembelajaran kelompok anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi, tik dan fenomena kontemporer.
Jawab  : hasil observasi kelompok kami pada TK tersebut adalah anak-anak TK tersebut mendapatkan pengalaman baru yaitu belajar bahasa asing mengenai tema mereka pada saat itu merupakan tema “api” selain itu juga kami mengajarkan kepada mereka tentang cara pengucapan tulisan bahasa asing yang ada dalam gambar tersebut dan juga kami mengajarkan cara mengejanya. Pada TK tersebut, murid-muridnya belajar bahasa asing hanya sampai pada pengenalan huruf-huruf dan angka-angka, sehingga kami mencoba untuk memberikan pengalaman yang baru kepada mereka. Murid-murid TK tersebut juga sangat aktif ketika kami mengajarkan bahasa asing mengenai tema api kepada mereka, mereka semua dengan semangat mengulangi huruf-huruf yang kami ucapkan untuk mengeja kata tersebut. Mereka juga mampu untuk mengulangi kata-kata asing tersebut dengan pelafalan yang cukup baik. Walaupun ketika kami tanya kepada salah satu murid, mereka malu-malu untuk menjawabnya.
Kaitannya dengan tinjauan pedagogi, tik, fenomena kontemporer adalah, dari segi pedagogi efektif yaitu guru penting untuk mempromosikan pentingnya belajar bagi siswa, sebenarnya kami sudah menajalankan sesuai dengan pengertian pedagogi efektif, tetapi kami masih memiliki kendala yaitu kami masih sedikit gugup ketika mengajar, misalnya saja saya, saya masih sedikit kaku dan sedikit gugup ketika menyebutkan salah satu nama murid TK tersebut. Pembelajaran reflektif yaitu mengasimilasi pembelajaran baru, mengaitkannya dengan apa yang mereka sudah ketahui, mengadaptasinya untuk tujuan mereka sendiri, dan menerjemahkan pikiran ke dalam tindakan. Pada tahap ini murid-murid tersebut mencoba untuk mengaitkan pengetahuan baru yang mereka terima yaitu bahasa asing dengan gambar yang sebenarnya mereka sudah mengetahuinya, seperti gambar pemadam kebakaran, mobil pemadam kebakaran, yaitu dengan cara mengajarkan mereka bahasa asing dari gambar yang kami tunjukkan, yang sebenarnya mereka tahu gambar tersebut sehingga mereka semangat dan antusias dalam belajar bahasa asing tersebut.
Dari segi TIK, sebenarnya kami menggunakan TIK untuk mencari hal-hal yang berhubungan dengan tema yang sedang diajarkan pada TK tersebut. Tepatnya, kami menggunakan TIK untuk mencari gambar-gambar yang berkaitan dengan tema api. Ketika observasi sebebarnya kami tidak menggunakan TIK, karena pada saat observasi yang kami gunakan adalah dengan kartu bergambar, sehingga kami tidak menggunakan TIK. Dari segi kenikmatan belajar, didalam kelas para murid TK dan kami sangat menikmati pembelajaran tersebut, dari segi murid TK, mereka sangat senang dalam belajar bahasa asing, bahkan mereka meminta kami untuk kembali mengajarkan mereka dengan tema yang selanjutnya, dari segi kelompok, khususnya saya, saya sangat menikmati peran saya sebagai pengajar walaupun pada saat itu hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit, karena itu memberikan pengalaman yang luarbiasa bagi saya, dan juga sedikit membantu saya dalam mengurangi rasa gugup yang saya miliki ketika tampil di depan umum.
  • Tuliskan pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi USU semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis.
Menurut pandangan saya tentang pembelajaran pada perkuliahan Pedagogi di F. Psikologi USU semester genap TA.2012/2013 berdasarkan tinjauan Pedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Pedagogis adalah pada pembelajaran pedagogi ini sudah sesuai mengikuti prinsip pedagogis seperti yang dituliskan oleh Addine (2001) yang mengatakan prinsip pedagogis itu adalah kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses pedagogis dan menyoroti bahwa setiap proses pedagogis harus terstruktur berdasarkan temuan yang paling maju di bidang sains dan kontemporer dan dalam korespondensi total dengan ideologi kita. Prinsip yang lain yaitu, mengombinasikan karakter kolektif dan individual pendidikan. Selama saya mengikuti pembelajaran pedagogi ini, kami diajarkan untuk tidak hanya belajar didalam kelas dengan melakukan tatap muka, melainkan kami juga bisa tetap belajar dengan melakukan kuliah online atau yang sering disebut dengan istilah blinded learning. Dan kami juga menggunakan TIK yaitu dengan penggunaan blog sebagai sarana untuk menyampaikan ide ataupun hasil ringkasan dari topik yang telah kami baca. Kami juga diberi sebuah tugas lapangan untuk melihat kaitan antara teori-teori yang ada dibuku dengan yang terjadi sebenarnya di dunia nyata, seperti tugas mewawancarai guru, dengan begitu kita bisa melihat perbedaan yang sebenarnya antara yang ada dibuku dengan yang ada didunia nyata, dan sebuah tugas kelompok di mana kami membuat sebuah observasi dan memberikan pengajaran yang sebenarnya mambantu kita untuk lebih memahami mengenai pedagogi ini.







Referensi : Danim, S. (2010). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar