UTS
2012/2013
- Uraikan secara singkat dan padat proses pembelajaran yang kelompok anda RENCANAKAN. Beri ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi praktis abad 21.
Jawab : proses
pembelajaran yang kelompok saya rencanakan adalah awalnya kami berencana untuk
membuat sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan kartu bergambar, di mana
langkah kerjanya adalah, awalnya kami menunjukkan sebuah gambar lalu kami
menyuruh peserta didik untuk mencari benda asli dari gambar tersebut di sekitar
lingkungan sekolah mereka, tetapi setelah kami melakukan survey lapangan,
ternyata tempatnya tidak memadai untuk melakukan hal tersebut. Saya dan teman
kelompok kemudian mengubah rencana kami, walaupun kami tetap menggunakan media
kartu bergambar, tetapi kami menyesuaikannya dengan tema yang sedang diajarkan
di sekolah TK tersebut. Sekolah TK yang kami observasi sudah menentukan tema
pelajaran mereka setiap minggunya, tema yang diajarkan pada saat itu adalah
tema “api”, kemudian saya dan teman kelompok mulai memikirkan hal-hal apa saja
yang berkaitan dengan tema api, setelah mendapatkannya kami mulai menyusun
hal-hal apa saja yang akan kami lakukan, kemudian kami memutuskan untuk
mengajarkan kepada anak-anak TK tersebut mengenai bahasa asing dari gambar yang akan
kami tunjukkan kepada mereka, dan kami juga akan mengajarkan cara membacanya
dan cara mengeja huruf-huruf dalam tulisan yang ada di gambar tersebut.
Jika dikaitkan dengan pedagogi praktis abad 21
yaitu, di sekolah TK yang kami observasi para guru TK tersebut sudah membuat
tema pelajaran untuk setiap minggunya untuk murid mereka. Sehingga guru mereka
mengajari para anak TKnya secara sistematis berdasarkan tema mingguan, seperti
pada saat kami mengobservasi, mereka sedang mempelajari tema api. Kemudian pada
saat kami mengajari murid TK mengenai hal-hal yang berhubungan dengan api kami
tidak hanya memberitahu mereka tentang apa-apa saja yang berhubungan dengan api
secara abstrak, melainkan kami juga menunjukkan gambar yang berkaitan dengan
yang kami ajarkan, kami juga menyertakan bahasa asing dari gambar yang kami
tunjukkan kepada mereka. Ketika kami
mengajarkan anak TK dengan menyebutkan kepada mereka hal-hal yang berhubungan
dengan api (seperti lilin, pemadam kebakaran) dan bahasa asingnya, itu merupakan
pedagogi formal atau teoritis, dan ketika kami menunjukkan gambar mengenai hal
yang berkaitan dengan yang kami sebutkan, dan kami juga mengajarkan cara
membaca gambar tersebut dalam bahasa asing dan cara mengejanya, itu merupakan
pedagogi praktis, karena kami mengajarkan pada anak-anak bagaimana cara membaca
yang tepat tentang bahasa asing dari gambar tersebut, seperti pemadam
kebakaran, kemudian kami mengajak mereka mengejanya bersama-sama, sehingga
semua anak yang ada dalam kelas menjadi aktif.
- Uraikan secara singkat dan padat tentang HASIL OBSERVASI dari proses pembelajaran kelompok anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi, tik dan fenomena kontemporer.
Jawab : hasil
observasi kelompok kami pada TK tersebut adalah anak-anak TK tersebut
mendapatkan pengalaman baru yaitu belajar bahasa asing mengenai tema mereka
pada saat itu merupakan tema “api” selain itu juga kami mengajarkan kepada
mereka tentang cara pengucapan tulisan bahasa asing yang ada dalam gambar
tersebut dan juga kami mengajarkan cara mengejanya. Pada TK tersebut,
murid-muridnya belajar bahasa asing hanya sampai pada pengenalan huruf-huruf
dan angka-angka, sehingga kami mencoba untuk memberikan pengalaman yang baru
kepada mereka. Murid-murid TK tersebut juga sangat aktif ketika kami
mengajarkan bahasa asing mengenai tema api kepada mereka, mereka semua dengan
semangat mengulangi huruf-huruf yang kami ucapkan untuk mengeja kata tersebut. Mereka
juga mampu untuk mengulangi kata-kata asing tersebut dengan pelafalan yang
cukup baik. Walaupun ketika kami tanya kepada salah satu murid, mereka
malu-malu untuk menjawabnya.
Kaitannya dengan tinjauan pedagogi, tik, fenomena
kontemporer adalah, dari segi pedagogi efektif yaitu guru penting untuk
mempromosikan pentingnya belajar bagi siswa, sebenarnya kami sudah menajalankan
sesuai dengan pengertian pedagogi efektif, tetapi kami masih memiliki kendala
yaitu kami masih sedikit gugup ketika mengajar, misalnya saja saya, saya masih
sedikit kaku dan sedikit gugup ketika menyebutkan salah satu nama murid TK
tersebut. Pembelajaran reflektif yaitu mengasimilasi pembelajaran baru,
mengaitkannya dengan apa yang mereka sudah ketahui, mengadaptasinya untuk
tujuan mereka sendiri, dan menerjemahkan pikiran ke dalam tindakan. Pada tahap
ini murid-murid tersebut mencoba untuk mengaitkan pengetahuan baru yang mereka
terima yaitu bahasa asing dengan gambar yang sebenarnya mereka sudah
mengetahuinya, seperti gambar pemadam kebakaran, mobil pemadam kebakaran, yaitu
dengan cara mengajarkan mereka bahasa asing dari gambar yang kami tunjukkan,
yang sebenarnya mereka tahu gambar tersebut sehingga mereka semangat dan
antusias dalam belajar bahasa asing tersebut.
Dari segi TIK, sebenarnya kami menggunakan TIK untuk
mencari hal-hal yang berhubungan dengan tema yang sedang diajarkan pada TK
tersebut. Tepatnya, kami menggunakan TIK untuk mencari gambar-gambar yang
berkaitan dengan tema api. Ketika observasi sebebarnya kami tidak menggunakan
TIK, karena pada saat observasi yang kami gunakan adalah dengan kartu
bergambar, sehingga kami tidak menggunakan TIK. Dari segi kenikmatan belajar,
didalam kelas para murid TK dan kami sangat menikmati pembelajaran tersebut,
dari segi murid TK, mereka sangat senang dalam belajar bahasa asing, bahkan
mereka meminta kami untuk kembali mengajarkan mereka dengan tema yang
selanjutnya, dari segi kelompok, khususnya saya, saya sangat menikmati peran
saya sebagai pengajar walaupun pada saat itu hanya dalam waktu kurang lebih 5
menit, karena itu memberikan pengalaman yang luarbiasa bagi saya, dan juga
sedikit membantu saya dalam mengurangi rasa gugup yang saya miliki ketika tampil
di depan umum.
- Tuliskan pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi USU semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis.
Menurut pandangan saya tentang pembelajaran pada
perkuliahan Pedagogi di F. Psikologi USU semester genap TA.2012/2013
berdasarkan tinjauan Pedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Pedagogis adalah
pada pembelajaran pedagogi ini sudah sesuai mengikuti prinsip pedagogis seperti
yang dituliskan oleh Addine (2001) yang mengatakan prinsip pedagogis itu
adalah kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses pedagogis dan
menyoroti bahwa setiap proses pedagogis harus terstruktur berdasarkan temuan
yang paling maju di bidang sains dan kontemporer dan dalam korespondensi total
dengan ideologi kita. Prinsip yang lain yaitu, mengombinasikan karakter kolektif
dan individual pendidikan. Selama saya mengikuti pembelajaran pedagogi ini, kami
diajarkan untuk tidak hanya belajar didalam kelas dengan melakukan tatap muka,
melainkan kami juga bisa tetap belajar dengan melakukan kuliah online atau yang
sering disebut dengan istilah blinded
learning. Dan kami juga menggunakan TIK yaitu dengan penggunaan blog
sebagai sarana untuk menyampaikan ide ataupun hasil ringkasan dari topik yang
telah kami baca. Kami juga diberi sebuah tugas lapangan untuk melihat kaitan
antara teori-teori yang ada dibuku dengan yang terjadi sebenarnya di dunia
nyata, seperti tugas mewawancarai guru, dengan begitu kita bisa melihat
perbedaan yang sebenarnya antara yang ada dibuku dengan yang ada didunia nyata,
dan sebuah tugas kelompok di mana kami membuat sebuah observasi dan memberikan
pengajaran yang sebenarnya mambantu kita untuk lebih memahami mengenai pedagogi
ini.
Referensi : Danim, S. (2010). Pedagogi, Andragogi, dan
Heutagogi. Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar