kelompok 8 :
LANDASANTEORI
A. Pedagogi
Praktis Abad ke-21
Pedagogi praktis abad ke-21 sering disebut
sebagai pedagogi progresi,artinya selain ilmu dan seni dalam mengajar,
perkembangan kemajuan teknologi juga mempengaruhi proses pembelajaran. Dalam
rancangan pengajaran yang kami buat, peran teknologinya yaitu alat atau
sarana dalam mencari bahan ajar dari internet (gambar api, kembang api, pemadam
kebakaran, dan lain-lain).
Pedagogi termasuk dalam kategori pedagogi formal
(pedagogi praktis atau teoritis) dan pedagogi vernakular (pedagogi praktis).
Pedagogi formal dalam rancangan pengajaran kami adalah bahwa anak akan lebih cepat
menangkap materi jika ada contoh seperti gambar. Sedangkan pedagogi
praktisnya adalah cara kami menyampaikan materi.
- Pertimbangan tujuan pendidikan
Tujuan pengajaran kami adalah menambah kosakata bahasa Inggris anak dan menambah wawasan anak tentang benda-benda yang berhubungan dengan api. - Pengajaran dilakukan secara sistematis Materi pengajaran yang kami bawakan sesuai dengan jadwal pengajaran yang ada di Tk tersebut (tentang api).
- Pengetahuan tentang model pengajaran
Anak akan lebih cepat menangkap pelajaran jika ada contoh dan penjelasan yang tepat,
untuk itu
kami memberi contoh berupa gambar.
B. Pedagogi, TIK, dan Fenomena Kontemporer
- Penilaian kebutuhan: materi belajar apa yang dibutuhkan ? Topik pembelajaran pada minggu itu adalah api, sehingga kami memutuskan untuk mengenalkan beberapa benda yang berhubungan dengan api dalam bahasa inggris. - Pertumbuhan professional: bagaimana cara meningkatkan mutu pengajaran di kelas? Cara yang kami gunakan adalah dengan memandu anak-anak tersebut untuk mengeja huruf dan menyebutkan nama benda dalam bahasa Inggris. - Budaya Kelas: bagaimana cara menumbuhkan budaya kelas untuk belajar? Untuk memberi semangat anak-anak, kami membuat suatu kata-kata penyemangat yaitu jika kami bilang “selamat pagi” dijawab “semangat pagi”, “apa kabar” dijawab “alhamdullilah luar biasa” (kebetulan TK tersebut adalah TK Islam). - Strategi: bagaimana guru mengajar untuk memaksimalkan hasil? Agar anak mengingat apa yang ajarkan, kami meminta anak untuk mengulang salah satu kata benda dari gambar tersebut. - Pengelolaan sumber daya kelas Media pembelajaran yang kami gunakan adalah flash card dengan gambar yang berhubungan dengan api, seperti kembang api, lilin, mobil pemadam kebakaran, dan lain-lain. - Pemecahan masalah Cara pengucapan yang salah akan dibenarkan. - Orkestari Cara mengaturnya adalah dengan mengkombinasikan pedagogi formal dan pedagogi praktis. - Penggunaan TIK Kami menggunakan internet untu mencari gambar .
Pengajar harus mampu mempromosikan pentingnya belajar bagi
siswa.
Pembelajaran reflektif mengasimilasi pembelajaran baru,
mengaitkannya dengan apa yang mereka sudah ketahui, mengadaptasinya dan
menterjemahkan pikiran ke dalam tindakan.
TAKSASI DANA
Total
Rp 96.500,-
PERENCANAAN
PERENCANAAN
AWAL
Setelah berdiskusi dengan dosen
pengampu, beliau menyarankan untuk melalukan survey lapangan terlebih dahulu
sebelum melakukan observasi. Pengajaran ini gagal dilaksanakan karena setelah
kami melakukan survey lapangan, ternyata lokasi TK tidak memadai untuk melakukan
pengajaran yang seperti itu. Berdasarkan survey lapangan yang telah kami
lakukan ternyata cara pengajaran pada TK tersebut telah menggunakan tema
mingguan dalam proses pembelajarannya. Tema yang mereka ajarkan tiap minggunya
berbeda, pada saat melalukan survey lapangan tema yang sedang ajarkan adalah
tema "Api"
PERENCANAAN PENGAJARAN DAN OBSERVASI
(REVISI)
JADWAL KEGIATAN
HASIL
OBSERVASI
Observasi peserta didik :
Observasi kelompok
:
Riski Hasanah
Secara
keseluruhan dari hasil observasi, kelompok sudah baik, walaupun masih terdapat
sedikit kendala sperti sedikit gemetar. Bagi saya ini adalah pengalaman yang
menyenangkan karena bisa mengajar anak TK secara langsung dan secara formal.
EVALUASI
EVALUASI BERDASARKAN TINJAUAN PEDAGOGI, TIK DAN KONTEMPORER
Pertanyaan
Esensial
Berdasarkan
pengajaran yang kami lakukan pertanyaan esensialnya adalah Penilaian kebutuhan
(materi belajar yang dibutuhkan saat itu adalah materi yang berhubungan dengan
api), Strategi (menggunakan media sebagai alat mengajar yaitu gambar).
Penggunaan TIK (menggunakan teknologi
yaitu internet untuk mendapatkan gambar).
Pedagogi
Efektif
Jika
dilihat dari sundut pandang kami dalam mengajar, pengajaran yang kami lakukan
belum cukup efektif, masih ada beberapa kesalahan, seperti cara penyampaian
yang kurang luwes dan kontak mata dengan siswa kurang intens. Tapi dalam hal
menyemangati siswa agar mau belajar sudah cukup baik, anak-anak tersebut mau
aktif menjawab dan mengikuti instruksi dari kami.
Pemikiran
Reflektif
Pembelajaran
reflektif mengasimilasi pembelajaran baru, mengaitkannya dengan apa yang mereka
sudah ketahui, mengadaptasinya dan menterjemahkan pikiran ke dalam tindakan.
Dari hasil observasi saya, siswa disana sudah cukup reflektif dalam menerima
informasi baru, walaupun ada beberapa siswa juga yang masih pasif.
TIK
Dalam hal
ini kami memang tidak menggunakan internet karena anak-anak tersebut belum
mengenal internet, namun kami menggunakan TIK untuk mencarai bahan ajar yaitu
gambar.
Kenikmatan
belajar
Menurut saya siswa di sana sudah cukup menikmati proses pelajaran yang
berlangsung, saat kami tanya apakah mereka ingin kami mengajar lagi di sana,
mereka setuju dan ingin di ajar Bahasa Inggris lagi.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar